[TIPS & TRIK] Cara Saya Mengatasi Android Yang Lemot dan Ngelag Beserta Penyebabnya


Perkembangan teknologi dizaman sekarang makin menjadi. Begitu juga dengan kemajuan dan perkembangan Android. Banyak developer membuat aplikasi mengikuti perkembangan sekarang yang mengakibatkan kebutuhan spesifikasi Android yang kita miliki harus tinggi.

Jika kita tidak memiliki spek yang high terus kita ingin menginstall banyak aplikasi di smartphone yang kita miliki, terkadang perangkat smartphone kita terasa lambat atau bisa dibilang ngelag dan lemot.

Sekarang banyak sekali aplikasi yang dapat membuat smartphone kita menjadi lemot. Entah itu karena kita terlalu banyak menginstall aplikasi atau terlalu banyak aplikasi yang berjalan.

Jika kita memiliki smartphone yang memiliki RAM dibawah 1 gb, biasanya kita sering tersiksa akan keadaan smartphone kita yang lemot parah bahkan buka 1 aplikasi saja harus menunggu 1 jam (lebaay).

Terus apa yang harus kita lakukan supaya perangkat smartphone Android yang kita punya tidak terasa lemot ataupun lag saat kita mainkan ?

Pertama kalian harus tahu penyebab lemot nya Android milik Anda. Disini saya akan share PENYEBAB lemot nya Android dan UPAYA untuk mengatasi masalah tersebut.

PENYEBAB

1. Pemasangan Widget Yang Berlebihan
Widget itu apa sih ? Pasti beberapa diantara Anda masih belum mengetahui apa itu widget dan fungsi nya apa. Widget adalah sebuah perwakilan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus membuka aplikasi sesungguhnya. Masih bingung ? Nih contoh hp yang pake widget.


Disitu Anda bisa melihat beberapa widget seperti widget Hangout, WhatsApp, Ramalan Cuaca dan lain sebagainya. Nah disitu juga bisa Anda lihat pemakaian widget yang terlalu berlebihan sehingga layar penuh dengan widget.

Hal seperti itu akan memperlambat kinerja android yang kita miliki. Saat melakukan booting pasti terasa sangat lama untuk menampilkan layar itu karena harus menunggu widget yang dipasang.

2. Memakai Aplikasi Launcher
Saya tahu tujuan Anda menggunakan aplikasi launcher untuk apa. Paling hanya untuk gaya gayaan haha bercanda :D. Atau hanya untuk mempercantik android Anda agar terlihat lebih menarik. Benar kan ?


Terlihat lebih menarik bukan jika kita memakai aplikasi launcher ? Tapi dibalik itu semua dapat memakan kapasitas RAM yang dapat membuat kinerja android milik Anda tidak terlalu maksimal.

3. Penggunaan Aplikasi Secara Bersamaan


Ini adalah penyebab yang sering kita lakukan (termasuk saya). Habis buka bbm, langsung buka whatsapp, terus buka path, instagram dan aplikasi lainnya terus sampai android saya terasa lemot.

Disitu saya berpikir, ini kenapa ya ? Setelah saya lihat ke pengaturan untuk mengecek apa saja aplikasi yang sedang berjalan ternyata banyak sekali.

4. Menginstall Aplikasi Lock Screen
Lock Screen adalah aplikasi pengunci layar. Di Google Play banyak sekali berbagai macam aplikasi lock screen dengan penawaran tampilan yang unik dan fitur fitur yang menarik.


Terlihat lucu bukan ? Lock Screen Minions. Jangan lihat lucunya haha. Coba kamu install salah satu aplikasi lock screen yang ada di Google Play terus jalankan aplikasi tersebut.

Anda bisa menilai apakah setelah menginstall aplikasi lock screen android Anda menjadi lag atau tidak.

5. Memori Internal Kepenuhan


Menyimpan data seperti gambar, video ataupun sebagian aplikasi yang memliki data yang cukup besar pada memori internal sangat kurang baik menurut saya. Kenapa ? karena jika memori penuh android tidak bisa bekerja dengan optimal.

6. Kapasitas RAM Termakan Aplikasi
Anda harus mengecek apa saja aplikasi yang memakan RAM terlalu banyak. Biasanya aplikasi social media seperti bbm, line, instagram, facebook, path itu memakan RAM yang cukup banyak.

Jika Anda tidak percaya, Anda bisa langsung mengecek nya sendiri. Pergi ke Setting -> Apps -> Manage Apps -> Pilih tab Running atau Aplikasi Berjalan (hp saya smartfren u2). Untuk hp merek lain sepertinya tidak jauh beda.


Nah disitu kita bisa melihat apa saja aplikasi yang memakan RAM cukup banyak.

7. Terlalu Banyak Cache Di Memori Internal


Cache itu apa sih ? Cache adalah sisa data penyimpanan berkelanjutan. Jadi ketika kita membuka suatu aplikasi terkadang sisa sisa data masih nyangkut di cache.

Semakin banyak cache yang ada pada perangkat Android kita maka semakin besar kemungkinan smartphone yang kita miliki menjadi lemot. Karena penumpukan cache dapat memperlambat kinerja smartphone yang kita miliki.

8. Menggunakan Live Wallpaper
Live Wallpaper membuat layar android lebih terlihat hidup dan menarik. Dengan adanya live wallpaper juga memperindah tampilan smartphone yang kita miliki.


Keren bukan ? Tapi Anda bisa melihat sendiri, divideo tersebut terlihat android nya agak sedikit lag. Benar ?

Kebanyakan orang tidak tahu Live Wallpaper dapat memperlambat perangkat Android yang dimilikinya. Entah itu saat melakukan booting atau disaat melakukan hal lain nya.

Sekarang saya akan membahas UPAYA mengatasi penyebab android lemot tadi.

UPAYA

1. Menggunakan Widget Sesuai Kebutuhan
Gunakanlah widget sesuai dengan kebutuhan kita. Apabila widget itu tidak terlalu kita butuhkan sebaiknya jangan dipasang pada layar android.

Karena semakin penuh atau semakin banyak widget yang dipasang pada layar android, akan membuat android tersebut lemot.




Coba Anda perhatikan gambar, disitu saya hanya menggunakan 1 widget saja. Oleh karena itu, saya menyarankan Anda untuk tidak menggunakan widget secara berlebihan. Cukup sesuai kebutuhan Anda saja.

2. Menggunakan Launcher Asli



Launcher asli adalah launcher bawaan dari pabrik, belum di custom apapun. Memang sih tampilan nya tidak sebegitu menarik dengan launcher yang tersedia di playstore. Akan tetapi launcher tersebut lebih meningkatkan performa android Anda.

Saran saya, gunakanlah launcher asli agar dapat mengurangi lemot dan lag serta meningkatkan kinerja android Anda.

3. Menghindari Pemakaian Aplikasi Secara Bersamaan
Membuka aplikasi secara bersamaan memberikan dampak lemot pada android. Jika sudah lemot kita sendiri yang akan repot.

Bukalah aplikasi satu per satu. Jika ingin membuka aplikasi lain, TUTUP aplikasi yang sebelumnya dibuka. Kalau aplikasi sebelumnya masih berjalan maka RAM pun masih termakan oleh aplikasi tersebut. Otomatis android menjadi lemot.

4. Menggunakan Lock Screen Bawaan


Gunakanlah lock screen asli android milik kita. Jangan gunakan aplikasi lock screen lain. Toh fungsi nya sama sebagai pengunci layar.

Segeralah uninstall aplikasi lock screen yang telah Anda install dan gunakan lock screen bawaan dari hp yang Anda miliki. Karena lock screen bawaan sangat ringan dan juga dapat mengurangi lemot dan lag pada android milik Anda.

5. Periksa Ketersediaan Memori Internal
Coba Anda cek sekali-sekali storage atau penyimpanan android milik Anda. Biasa nya ada di Pengaturan -> Penyimpanan.


Bisa Anda lihat disitu ada Apps, Other, Available, dan System. Apps untuk segala macam aplikasi yang di install di memori internal. Other seperti gambar, video ataupun file lainnya. Available adalah ukuran yang tersedia, disitu bisa dilihat Avaliable 0.93 Gb berarti masih ada 0.93 Gb lagi yang kosong pada memori internal. System untuk data system pada android.

Jika internal Anda penuh, saya menyarankan agar menyimpan data foto, video atau sebagian aplikasi yang membutuhkan data yang cukup banyak di External Storage atau di sdcard.

Kalau hp Anda tidak memiliki slot sdcard, gunakanlah Cloud Storage seperti Dropbox.

6. Menghapus Aplikasi Yang Membutuhkan Banyak Kapasitas RAM
Terkadang aplikasi yang membutuhkan banyak kapasitas RAM sangat merepotkan apalagi hp kita hanya memiliki RAM dibawah 1 Gb.

Hapuslah aplikasi yang telah Anda install yang sekiranya aplikasi tersebut membutuhkan kapasitas RAM yang banyak. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi lemot pada perangkat yang Anda miliki.

7. Membersihkan Cache di Memori Internal


Bersihkan cache yang ada di memori internal. Bisa menggunakan aplikasi cleaner seperti Clean Master (recommended).

Kenapa Clean Master ? Karena aplikasi tersebut benar benar menghapus cache yang ada di perangkat Android kita dan juga banyak fitur lain nya yang membuat hp kita terasa fresh atau tidak lemot dan ngelag lagi.

8. Menggunakan Wallpaper Sederhana
Jangan gunakan wallpaper seperti Live Wallpaper atau wallpaper lainnya yang dapat menurunkan performa android milik Anda.

Gunakanlah wallpaper yang sederhana supaya ketika android booting terus me-load tampilan layar Anda tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.


Coba Anda lihat wallpaper hp saya (kaori-chaaannnn hahaha). Sederhana kan ? tidak seperti Live Wallpaper.

9. Reset Data Factory
Ini adalah jurus terakhir Anda (asiikk) untuk mengatasi lemot nya android milik Anda. Reset Data Factory berarti mengembalikan semua data seperti membeli hp baru lagi alias masih fresh. Ibarat laptop itu install ulang haha.

Jika Android Anda sudah tidak merasa lemot lagi, Anda pasti ingin memainkan game, ya kan ? haha. Baca juga Game Terbaru Android 2015 Gratis.

Sekiranya sudah cukup Tips Untuk Mengatasi Android Yang Lemot. Semoga artikel ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Terimakasih.
Previous
Next Post »

12 comments

Click here for comments
Unknown
admin
4 August 2015 at 10:32 ×

nais desu senpai

Reply
avatar
4 August 2015 at 10:40 ×

nice share gan
ngebantu banget

Reply
avatar
Unknown
admin
4 August 2015 at 13:31 ×

Bener banget, gue pake aplikasi launcher biar ga bosen sama design bawaan, lebih tepatnya gaya gayaan haha, tapi gue udah ga pake lagi, lebih ringan pake launcher asli .

Reply
avatar
Unknown
admin
4 August 2015 at 13:40 ×

sekalian gan ditambahin disable apps bawaan yang ga dipake kalo devicenya belom diroot.

Reply
avatar
4 August 2015 at 13:45 ×

oke makasih saran nya gan, nanti ane update lagi.

Reply
avatar
4 August 2015 at 13:46 ×

iya gan, pada dasar nya launcher asli lebih ringan terus gak bikin lemot

Reply
avatar
Unknown
admin
4 August 2015 at 16:40 ×

gua udah coment blog lu nih, terus gua harus ngapain lagi?

Reply
avatar
4 August 2015 at 18:12 ×

sip ntar gua install ulangin hp lu wkwk :v

Reply
avatar
Unknown
admin
16 August 2015 at 21:45 ×

Makasi qaqa info nya.. hha..
Kasi tips ngilangin aplikasi bawaan yg gak kepake dnk riz.. kali aja ada..

Reply
avatar
Thanks for your comment